Mendesain Ruko dan Rukan dengan Arsitektur Modern - dearsitek

dearsitek - Jasa Arsitektur - Arsitektur modern

Mendesain Ruko dan Rukan dengan Arsitektur Modern


Informasi Arsitektur | Arsip Info Arsitektur

dearsitek - Arsitektur Modern


Banyak orang yang memilih untuk membangun rumah dengan dua fungsi. Yang pertama adalah rumah toko atau yang lebih umum disebut sebagai ruko. Yang kedua adalah rumah kantor yang atau sering disingkat menjadi rukan. Dengan arsitektur modern, kenyamanan rumah tinggal di lantai 2 atau 3 akan tetap bisa dirasakan bagi setiap anggota keluarga meskipun ada aktivitas bekerja di lantai 1.

Berikut beberapa konsep desain arsitektur modern yang dapat diadaptasi dalam membangun ruko atau rukan

1. Bangunan Bertangga Samping

Bangunan ruko atau rukan yang memiliki tangga samping akan memungkinkan pemiliknya mengakses ruangan di lantai 2 dan 3 secara langsung tanpa melewati lantai 1. Bentuk desain arsitektur modern yang satu ini bisa dikombinasikan dengan konsep tangga ulir maupun tangga di kanan dan kiri. Jadi, pada bagian balkon ada 2 pintu yang mengarah langsung ke lantai 2 dan 3.

2. Bangunan dengan Ruangan Terbuka

Bagian atas ruko atau rukan bisa didesain dengan atap rumah atau dicor. Jika memilih model cor maka bangunan tersebut akan menjadi ruangan terbuka. Supaya dapat memberikan keistimewaan dan kenyamanan pada anggota keluarga, maka ruangan terbuka itu bisa difungsikan sebagai kebun atau tempat bermain. Namun yang perlu digarisbawahi adalah tingkat keamanan. Apabila memiliki anak kecil sebaiknya pagar tetap ditinggikan dan ada kaca di bagian atas sebagai pembatas dengan akses di luar.

3. Toko dan Kantor yang Portable

Konsep ini diawali dengan beberapa ide inovatif dari desainer interior Jepang yang ingin memaksimalkan seluruh ruangan di beberapa lantai sekaligus secara maksimal. Jadi, pada siang hari ruangan itu bisa berfungsi sebagai toko atau kantor. Sementara di waktu malam hari ruangannya bisa dimanfaatkan untuk tidur. Sehingga lebih banyak anggota keluarga yang muat untuk tinggal di sana. Karena pada siang hari sudah banyak kesibukan sehingga tidak membutuhkan ruangan di lantai 1.

Lalu, bagaimana desain arsitektur modern tersebut? Jadi, penggunaan furniture yang portable dan memiliki roda atau fungsi ganda bisa dipilih. Selain itu, jika ruangan masih agak sempit, maksimalkan sudut – sudut di lantai 1 untuk diberi ranjang susun geser yang memiliki roda.

WhatsApp chat