Membangun Rumah Mewah di Lahan Sempit - dearsitek

dearsitek - Jasa Membangun Rumah - Membangun rumah mewah

Membangun Rumah Mewah di Lahan Sempit


Informasi Membangun Rumah | Arsip Info Membangun Rumah

dearsitek - Membangun Rumah Mewah


Rumah mewah identik dengan bangunannya yang berukuran besar dan dibangun di atas lahan yang luas. Namun, mengingat saat ini ketersediaan lahan yang ada sangat terbatas, maka penggambaran sebuah rumah mewah tak lagi berdasarkan ukuran rumah. Di lahan yang sempit pun anda dapat membangun rumah mewah tanpa harus mengurangi nilai estetika dari bangunan tersebut. Dengan pemanfaatan lahan yang tepat didukung dengan desain rumah yang pas baik interior maupun eksterior maka akan tercipta suatu rumah mewah yang bagus dan elegan.

Jika anda berencana membangun rumah mewah di lahan sempit, cobalah mengikuti anjuran-anjuran berikut ini agar rumah anda bisa tetap terlihat mewah.

  1. Pagar

Pagar tidak hanya berguna sebagai proteksi rumah dari bahaya maling atau orang asing masuk dengan mudah. Tapi juga dapat berfungsi pembatas lahan anda. Pagar ibarat bingkai yang membuat tampilan rumah secara keseluruhan tampak lebih rapi.

Banyak material pagar yang dapat menonjolkan kesan mewah dan modern. Salah satu yang paling direkomendasikan adalah kayu. Memang, dari segi ketahanan pagar kayu kalah dari pagar besi. Namun, nilai seninya sangat tinggi.

  1. Teras

Rumah-rumah modern nan mewah sudah mulai meninggalkan desain teras yang rumit, semisal teras yang dikurung dengan pagar beton. Cukuplah teras sederhana dengan sisi-sisi terbuka. Anda boleh menambahkan 2-3 jenjang agar teras terlihat tinggi. Lebih daripada itu tidak disarankan untuk luas bangunan yang terbilang sempit.

  1. Ruang Tanpa Sekat

Karena luas ruangan yang terbatas, penggunaan sekat permanen sangat tidak dianjurkan. Sekat memang berguna untuk membatasi privasi. Akan tetapi dapat menimbulkan kesan sempit. Padahal, rumah mewah dan megah banyak menggunakan ruangan yang sifatnya plong. Jadi, biarkan beberapa ruangan menyatu jadi satu. Misalnya, ruang tamu dan ruang televisi berada dalam satu ruangan yang sama. Atau, antara dapur dengan ruang makan.

  1. Memaksimalkan Lantai Dua

Cara mensiasati lahan terbatas adalah dengan membangun rumah dua tingkat. Dengan demikian anda bisa mendapatkan ruangan yang lebih banyak. Maksimalkan lantai dua khusus untuk kamar tidur, kamar mandi tambahan, ruang salat, atau ruang kerja pribadi. Sehingga lantai satu bisa dimaksimalkan untuk ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, dan bahkan taman indoor. Perlu diketahui, ruang bawah harus lebih leluasa karena di sinilah anda akan paling sering menerima kedatangan tamu secara langsung.

Itulah sebagian kecil anjuran membangun rumah mewah di lahan sempit. Untuk hal-hal yang lebih detail lagi, silakan konsultasikan pada arsitek kepercayaan anda.

WhatsApp chat