Tanaman Hias Untuk Taman Rumah Minimalis - dearsitek

dearsitek - Jasa Membangun Rumah - Taman rumah minimalis

Tanaman Hias Untuk Taman Rumah Minimalis


Informasi Membangun Rumah | Arsip Info Membangun Rumah

dearsitek - Taman Rumah Minimalis


Rumah minimalis menjadi tren rumah yang paling banyak diminati belakangan ini. Desainnya yang sederhana serta fungsional membuat rumah ini tak hanya enak dipandang, tetapi juga sangat menarik banyak kalangan. Mengapa demikian?karena pada dasarnya desain tersebut memiliki tujuan menciptakan suatu kesederhanaan. Baik dari segi desain bangunan, dekorasi, furnitur, sampai dengan taman rumahnya. Taman rumah minimalis biasanya dibuat sesederhana mungkin yang hanya ditanami tanaman kecil dan bebatuan kecil. Hal itu dilakukan mengingat ketersediaan lahan yang sangat terbatas. Untuk itu, kita harus pandai-pandai dalam memilih tanaman apa saja yang cocok ditanam untuk taman rumah minimalis kita. Ada banyak jenis tanaman hias yang cocok ditanam untuk taman rumah minimalis, yang membuat rumah semakin cantik dan enak dipandang.

Berikut beberapa jenis tanaman hias yang cocok ditanam untuk taman rumah minimalis

  • Bunga Agapanthus

Tanaman Agapanthus Taman Rumah MinimalisBunga yang akan muncul kembangnya setiap bulan Desember hingga Februari ini bisa membius mata yang memandangnya. Keindahan bunga ini terlihat pada kelopak bunga yang cantik dengan gradasi warna biru ke ungu. Ukuran bunganya yang besar serta tangkainya yang kuat, menghasilkan struktur bunga yang anggun. Ditambah dengan lembaran daunya yang menyirip, membuatnya semakin elok dipandang. Ada pula bunga agapanthus yang berwarna putih. Bunga yang mudah ditanam serta perawatannya juga ga ribet, membuat tanaman ini sering dijadikan tanaman pembatas rumah atau vertikal garden.

  • Bunga Blue Eyes

Seperti namanya, bunga ini berwarna biru neon dengan bagian tengah putih dan coklat, hampir mirip dengan bola mata. Dengan warna kuntum bunga berwarna biru membuat taman menjadi menyenangkan dan menyegarkan. Tanaman ini sangat cocok untuk tanaman pembatas yang bisa memberikan gradiasi warna yang cantik nan memikat. Sehingga menjadi salah satu tanaman hias yang ekonomis dan cocok untuk taman rumah minimalis anda.

  • Tanaman Calathea Multicolor
Calathea multicolor taman rumah minimalis

Tanaman yang satu ini banyak ditanam media pot, tetapi tanaman tersebut tidak memiliki bunga. Helai daunnya agak tebal serta mempunyai warna yang variatif. Sehingga tanaman tersebut banyak ditanam di taman-taman kota. Selain ekonomis serta mempunyai warna yang beragam, tanaman ini juga mudah dipadu padankan dengan tanaman lain. Sehingga menciptakan gradasi warna yang cantik. Dominasi warna merah, hijau dan putih membuat taman semakin meriah dan menarik. Untuk penanaman serta perawatannya pun sangat mudah. Membuat tanaman ini sering digunakan sebagai komponen taman vertikal maupun horizontal. Dan menjadi salah satu tanaman hias yang cocok ditanam untuk taman rumah minimalis, sekalipun dilahan yang sempit.

  • Tanaman Tabebuya
Tanaman Minimalis Tabebuya

Tanaman tabebuya merupakan jenis tanaman yang bisa tumbuh besar, berdaun kecil-kecil dan berbunga cantik. Sehingga sangat cocok ditanam di taman rumah minimalis. Selain itu tanaman ini juga bisa berfungsi sebagai tanaman peneduh, mengingat ukuran tanaman yang besar dengan daun yang banyak membuat taman terlihat lebih rindang apalagi kalau sedang berbunga membuat taman terlihat sangat cantik. Warna bunga yang beragam membuat tanaman ini banyak diminati dan ditanam banyak orang baik untuk taman rumah maupun taman kota. Sedang warna bunga tabebuya yang sering kita jumpai adalah warna kuning, adapun warna bunga seperti merah, putih, orange, pink masih sangat jarang kita lihat. Banyaknya bunga yang bermekaran sehingga menyerupai bunga sakura apalagi kalau sedang berguguran serasa musim gugur dinegeri sakura. Tanaman ini sangat minim perawatan karena tahan terhadap segala macam hama dan cuaca panas sehingga tidak perlu banyak menyiram.

Demikian beberapa jenis tanaman hias yang cocok ditanam untuk taman rumah minimalis. Dan masih banyak lagi jenis tanaman hias lainnya, yang bisa anda tanam. Adapun hal lain yang perlu diperhatikan saat membuat taman rumah minimalis adalah media penanaman. Apabila halaman yang dimiliki sangat sempit dan tak memungkinkan untuk menanam dengan leluasa. Maka kita bisa memanfaatkan pot gantung yang bisa ditempel di dinding. Atau bisa juga menggunakan rak-rak tanam yang sekarang ini lagi tren, dan biasa kita jumpai disepanjang jalan utama kota maupun taman kota.

Bagi anda yang memiliki bujet berlebih, anda bisa membangun pagar rumah yang bisa difungsikan sebagai taman. Misalnya dengan menyisakan sedikit lahan untuk diisi media tanam. Yang kemudian ditanami dengan beberapa jenis tanaman hias ataupun bebungaan yang dapat mempercantik rumah anda. Pastikan juga untuk memilih tanaman yang tak akan tumbuh besar alias yang kecil-kecil saja. Supaya kesan minimalisnya ada, sesuai dengan konsep taman yang kita usung.

WhatsApp chat