Tips dan Cara Menata Interior Rumah Kecil - dearsitek

dearsitek - Jasa Membangun Rumah - Interior rumah kecil

Tips dan Cara Menata Interior Rumah Kecil


Informasi Membangun Rumah | Arsip Info Membangun Rumah

dearsitek - Interior Rumah Kecil


Menata interior rumah kecil bukanlah perkara yang mudah, butuh kecermatan dan keahlian khusus untuk bisa melakukan hal itu. Apalagi bagi orang awam yang pada dasarnya tidak mempunyai keahlian di bidang interior. Pastinya membutuhkan pelatihan atau mempelajari hal tersebut terlebih dahulu. Untuk menata interior rumah sendiri bisa kita lakukan dengan beberapa cara, seperti membaca artikel tentang interior atau bisa mencari inspirasi lewat internet atau buku yang mengupas tentang interior.

Berikut tips yang dapat anda lakukan sendiri, cara menata interior rumah kecil

1. Memadukan warna terang dan gelap

Warna putih adalah warna yang paling aman, yang membuat interior rumah terlihat lebih lega. Akan tetapi jangan terpaku pada satu warna itu saja, warna cerah atau warna terang juga bisa anda gunakan sebagai kombinasi warna yang dapat menciptakan suasana ruang terkesan lebih luas, hal itu juga bisa mempengaruhi mood si pemilik rumah supaya menjadi lebih baik. Misalnya warna kuning pucat dan hijau lemon. Lantas bagaimana jika ingin masukkan warna gelap? Gunakan perabotan dengan warna gelap, contoh sofa berwarna maron di dalam ruangan dengan cat kuning pucat atau krem, paduan terang dan gelap ini akan memberikan hasil yang bagus.

2. Jangan menggunakan dekorasi yang berlebihan

Contoh dekorasi yang berlebihan detailnya, seperti pinggiran tangga yang berkelok-kelok, dekorasi jendela dan pintu dengan banyak ukiran, ornamen yang banyak ditempel di dinding. Semua itu akan membuat rumah kecil menjadi terlihat sangat penuh dan juga sesak. Kalaupun ingin memberikan motif atau corak, pilihlah motif kecil-kecil dan berulang, supaya memberikan kesan ramai tetapi tetap terlihat lebih luas.

3. Gunakan perabot vertikal/horizontal

Boleh mengakali ruangan yang sempit dengan menggunakan perabotan vertikal untuk membuat ruangan berkesan lebih tinggi, atau perabotan horizontal supaya rumah terlihat lebih lebar. Hindari perabotan berbentuk bulat atau abstrak. Lebih baik memilih perabotan yang transparan, misalnya penyekat ruangan yang tranparan, supaya terlihat lega. Boleh juga menempatkan cermin besar yang digantung di dinding, hal ini bisa memberikan efek rumah yang lapang. Tetapi pastikan penggunaan cermin dengan bingkai yang sesuai dengan cat dinding pilihan kita, ya!

Demikian adalah beberapa cara untuk menata interior rumah kecil bagi pemula, semoga menginspirasi dalam mempercantik hunian anda. Akan tetapi jika anda ingin memiliki interior rumah yang lebih maksimal, anda bisa menggunakan jasa arsitek untuk merubah interior rumah anda menjadi lebih bagus lagi.

WhatsApp chat