Renovasi Rumah Hemat, Merenovasi Rumah Lebih Efisien

Merencanakan renovasi rumah ekonomis dan efektif

Renovasi Rumah Hemat

Bosen dengan tampilan rumah lama atau mau renovasi rumah tapi dana terbatas! Hal itu sudah menjadi masalah klasik yang sering kita dengar atau bahkan kita alami. Memang, memperbaiki rumah seakan-akan menjadi hal yang kayaknya mudah tapi kenyataannya jauh banget dari ekspektasi. Terkadang biaya merubah rumah dengan membangun rumah baru bisa hampir sama. Tergantung dari tujuan dari renovasi rumah itu sendiri. Karena renovasi rumah juga mempunyai beberapa tujuan, seperti merubah tampak depan rumah, memperbaiki rumah karena rusak, merubah denah rumah atau menambah ruang atau lantai rumah. Yang intinya adalah membuat rumah menjadi lebih bagus, nyaman, indah dan lebih baik dari rumah sebelumnya. Akan tetapi kenyataannya, pada saat renovasi dilakukan banyak terjadi hal-hal yang tidak sesuai dengan perkiraan kita. Hal yang sering terjadi dan dialami kebanyakan orang saat melakukan renovasi adalah biaya membengkak. Hal itu terjadi karena banyak dari mereka yang tidak melalui proses perencanaan terlebih dahulu. Padahal kenyataannya tidak hanya membangun baru saja yang butuh perencanaan, renovasi pun butuh perencanaan apalagi renovasi skala besar, hal tersebut harus ada suatu perencanaan yang matang untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tak terduga.

Apalagi seseorang tersebut merupakan orang yang mengikuti perkembangan zaman dan uang berlebih. Pastinya tidak akan sungkan untuk melakukan renovasi sesuai dengan tren rumah yang sedang in. Dalam melakukan renovasi kita juga butuh perencanaan lho..Hal ini akan membantu kita dalam mengalokasikan dana yang kita punyai. Karena apa, kalau tidak kita rencanakan pasti akan melebar kemana-mana akibatnya dana yang kita keluarkan akan membengkak. Banyak dari mereka yang melakukan renovasi sendiri, hanya asal renov saja berdasarkan keinginan masing-masing dan langsung dikerjakan oleh tukang. Hal itu yang terkadang membuat bengkak pengeluaran. Karena apa, tidak adanya pengarah tahapan pekerjaan dalam hal ini adalah seorang arsitek. Begitu juga dengan biaya, anggapan melakukan renovasi rumah sendiri akan mengeluarkan biaya yang lebih sedikit, hal itu juga tidak sepenuhnya benar.

Terkadang kita tidak sadar dengan merenovasi sedikit-sedikit justru akan mengeluarkan biaya yang lebih banyak dan pada akhirnya renovasi tersebut menjadi tidak ekonomis. Untuk itu ada baiknya jika akan melakukan renovasi, entah itu rumah, kantor atau bangunan lainnya hendaknya dilakukan sebuah perencanaan terlebih dahulu sehingga akan lebih terarah baik dari segi biaya maupun tujuan dari melakukan renovasi tersebut. Atau juga bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada para penyedia jasa, baik jasa renovasi rumah, jasa arsitek atau kepada para ahli bangunan, sehingga diperoleh arahan dan pertimbangan ketika hendak melakukan renovasi. Dengan arahan dan pertimbangan dari mereka, kita akan mengetahui tujuan melakukan renovasi, sehingga akan lebih terarah dalam pengerjaan dan biaya yang dikeluarkan. Dengan perencanaan dan persiapan yang matang, renovasi yang dilakukan akan lebih terarah, efisien, dan lebih hemat biaya.

 

 

Tujuan renovasi rumah

  1. Renovasi rumah untuk perbaikan

    Renovasi ini merupakan bentuk renovasi rumah yang sering dilakukan orang pada umumnya. Biasanya renovasi ini menyangkut hal-hal yang bersifat urgent dan harus segera dilakukan. Seperti contohnya perbaikan konstruksi bangunan, hal itu harus segera diperbaiki karena menyangkut keselamatan penghuninya. Adapun perbaikan/renovasi lain yang sering dilakukan orang pada umumnya, antara lain renovasi atap rumah yang bocor, renovasi langit-langit ruangan atau plafon yang jebol, penggantian pintu kamar mandi yang rusak, renovasi cat rumah yang rusak dan renovasi memperbaiki kerusakan rumah yang lain. Yang semuanya itu merupakan bagian renovasi yang sifatnya perbaikan atau yang bertujuan untuk memperbaiki kerusakan rumah. Karenanya jika dibiarkan terlalu lama kerusakannya akan semakin parah atau juga bisa merambah ke bagian rumah yang lain. Disamping itu kerusakan rumah juga bisa berakibat fatal menyangkut keselamatan penghuni terutama kerusakan rumah yang berkaitan dengan konstruksi rumah. Untuk itu sebaiknya segera dilakukan renovasi untuk memperbaiki kerusakan rumah sebelum terlambat.

  2. Renovasi rumah untuk merubah bentuk

    Yang dimaksud renovasi merubah bentuk adalah merubah bentuk rumah dengan desain yang baru sehingga menciptakan tampilan rumah yang lebih bagus. Atau menambah fungsi ruang menjadi ruang yang lebih bermanfaat juga bisa dikatakan renovasi rubah bentuk. Pada dasarnya jenis renovasi rumah ini merupakan bentuk renovasi yang tidak begitu penting ataupun mendesak. Dengan kata lain renovasi merubah bentuk rumah juga bersifat tidak segera untuk dikerjakan. Umumnya orang-orang yang melakukan renovasi ini karena mereka bosan dengan bentuk rumah yang lama dan ingin merubahnya ke bentuk rumah baru yang lagi ngetren atau renovasi tampak depan rumah. Renovasi merubah bentuk rumah yang lazim dilakukan biasanya berupa renovasi tampak depan. Disamping itu renovasi merubah bentuk rumah juga bisa karena ingin menambah ruang atau memanfaatkan sisa lahan menjadi ruang yang bermanfaat. Renovasi merubah bentuk terutama renovasi merubah tampak depan rumah dilakukan juga sebagai dampak perubahan orientasi fungsi bangunan. Renovasi merubah tampak depan sebagai akibat alih fungsi bangunan terutama pada bangunan komersial atau bangunan publik harus menyesuaikan dengan fungsi bangunannya.

    Pada renovasi merubah bentuk rumah terutama yang berkaitan dengan fungsi ruang maupun fungsi dari bangunan juga perlu mendapatkan perhatian yang serius. Mengingat renovasi rumah yang berkaitan dengan fungsi bangunan pada umumnya diikuti dengan berbagai renovasi lain dengan tujuan untuk penyesuaian  fungsi bangunan atau fungsi ruang. Renovasi penyesuaian atas fungsi ruang biasanya berupa renovasi perubahan denah atau renovasi berkaitan tata letak ruang, renovasi warna, maupun renovasi tambah kurang kebutuhan ruang. Berhubung renovasi ini diikuti dengan renovasi yang lain maka bisa dikatakan  biaya untuk melakukan renovasi ini jauh lebih mahal dibanding dengan biaya renovasi perbaikan. Terlepas dari sifat dan tujuan renovasi rumah faktor biaya renovasi juga penting maka hendaknya dalam melakukan renovasi perlu dilakukan upaya persiapan dan rencana yang matang.

Banyak sebagian orang yang menganggap bahwa melakukan renovasi perbaikan atau perubahan seperti itu adalah hal yang mudah, tinggal pakai tukang saja beres. Padahal kenyataannya tidak seperti itu, cari tukang renovasi rumah itu tidak mudah apalagi di daerah perkotaan. Meskipun memperoleh tukang pun harus ada yang mengarahkan pekerjaannya sehingga renovasi akan lebih efektif dan hasilnya akan lebih bagus sesuai dengan harapan. Maka ada baiknya bagi anda yang hendak melakukan renovasi rumah lebih baik dikonsultasikan terlebih dahulu dengan seorang arsitek atau jasa arsitek. Dari situ kita akan tahu hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan dalam melakukan renovasi.

Seperti dengan jasa renovasi rumah dearsitek. Sebagai jasa renovasi rumah yang terpercaya, kami selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik. Karena kepuasan klien menjadi prioritas kami yang utama. Kami sangat terbuka dengan ide ataupun masukkan-masukkan yang membangun sehingga dapat mempermudah dan memperlancar proses pembangunan. Kami juga memberikan pilihan solusi renovasi rumah yang dapat diterima oleh klien. Seperti halnya melakukan renovasi rumah hemat, renovasi tampak depan rumah dengan biaya terjangkau, renovasi rumah ekonomis, yang semuanya itu kami kemas dalam perencanaan renovasi rumah terencana. Dengan itu klien dapat mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu sehingga tidak terlalu memberatkan. Jadi tidak salah jika memilih dearsitek sebagai jasa renovasi rumah anda. Kami siap merenovasi rumah anda tampil beda dan pastinya tidak akan mengecewakan.

WhatsApp chat